Belajar
Microsoft Excel dengan Mudah
Baiklah sebelum memulai tutorial Belajar
Microsoft Excel Pemula Mahir Dalam Sekejap kali ini, pastinya Anda sudah Belajar
Komputer terlebih dahulu dan tidak ada salahnya Anda mengetahui
terlebih dahulu apa sebenarnya Microsoft Excel yang mungkin sudah Anda sering
dengar dan tidak asing di telinga Anda. Tanpa harus panjang lebar mari Kita
kupas rahasia belajar Microsoft Excel baik 2003,
2007, 2010 maupun 2013.
Sejarah Microsoft Excel
Pada tahun 1982, Microsoft membuat
sebuah program spreadsheet yang disebut
dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem operasi
CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri
saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan
sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan,
seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do
it better" melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan
lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk
Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0)
pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet
untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada
tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program
spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang
aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini
mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan
mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan
keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan
versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2013,
sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel
menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri
finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama
Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan
dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel"
dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam
prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan
yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan
membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai
singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang
digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski
diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet
yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls
sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi
12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun
dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan
dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan antar
muka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi
esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal
pertama kali), Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau
formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel
lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet
pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari
spreadsheet yang mereka sunting seperti font, atribut karakter, dan tampilan
setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara
cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan
diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung
ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain
itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika pertama kali dibundel ke dalam
Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antar
muka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk
mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi
aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for
Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan
automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat
didefinisikan oleh pengguna UDF (User Defined Functions)
untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft
menambahkan sebuah IDE (Integrated development
environment) untuk bahasa VBA (Visual Basic Aplication)
untuk Excel, sehingga memudahkan programmeruntuk
melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam
semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu
melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan
kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan
penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak
dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan
teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA
Fungsi automatisasi yang disediakan oleh
VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan
problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus
mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro
dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan
fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara
keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan
menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.
Versi Microsoft Excel dari Awal Sampai
Sekarang
Tabel
Versi Microsoft Excel
Tahun
|
Versi
Excel
|
Sistem
operasi
|
Versi Microsoft
Office
|
1985
|
Excel 1.0
|
Apple Macintosh klasik
|
Tidak ada Microsoft Office
|
1987
|
Excel 2.0 for Windows
|
Microsoft Windows 2.0
|
Tidak ada Microsoft Office
|
1988
|
Excel 1.5
|
Apple Macintosh klasik
|
Tidak ada Microsoft Office
|
1989
|
Excel 2.2
|
Apple Macintosh klasik
|
Tidak ada Microsoft Office
|
1989
|
Excel 2.2
|
IBM OS/2
|
Tidak ada Microsoft Office
|
1990
|
Excel 3.0
|
Microsoft Windows 3.0
|
Tidak ada Microsoft Office
|
1990
|
Excel 3.0
|
Apple Macintosh
|
Tidak ada Microsoft Office
|
1991
|
Excel 3.0
|
IBM OS/2
|
Tidak ada Microsoft Office
|
1992
|
Excel 4.0
|
Microsoft Windows
3.0 dan Windows 3.1
|
Tidak ada Microsoft Office
|
1992
|
Excel 4.0
|
Apple Macintosh
|
Tidak ada Microsoft Office
|
1993
|
Excel 5.0
|
Windows 3.0, Windows 3.1, Windows
3.11, Windows for Workgroups, dan Windows NT (hanya versi
32-bit)
|
Microsoft Office 4.2 dan Office 4.3
|
1993
|
Excel 5.0
|
Apple Macintosh
|
Tidak ada Microsoft Office
|
1995
|
Excel 7 for Windows 95
|
Windows 95 dan Windows NT 3.1/3.50
|
Microsoft Office 95
|
1997
|
Excel 97 (Excel 8)
|
Windows 95, Windows NT 3.51/Windows
NT 4.0
|
Microsoft Office 97
|
1998
|
Excel 8.0
|
Apple Macintosh
|
Microsoft Office '98 for Macintosh
|
1999
|
Excel 2000 (Excel 9)
|
Windows 98, Windows
Me, Windows 2000
|
Microsoft Office 2000
|
2000
|
Excel 9.0
|
Apple Macintosh
|
Microsoft Office 2001 for Macintosh
|
2001
|
Excel 2002 (Excel 10)
|
Windows 98, Windows
Me, Windows 2000, Windows XP
|
Microsoft Office XP
|
2001
|
Excel 10.0
|
Apple Macintosh OS X
|
Microsoft Office v. X
|
2003
|
Excel 2003 (Excel 11)
|
Windows 2000 (Service Pack 3), Windows
XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008
|
Microsoft Office System 2003
|
2004
|
Excel 11.0
|
Apple Macintosh OS X
|
Microsoft Office 2004 for Macintosh
|
2007
|
Excel 2007 (Excel 12)
|
Microsoft Windows
XP (dengan Service Pack 2 atau lebih tinggi), Windows
Server 2003 (Service Pack 1), Windows Vista, serta Windows
Server 2008.
|
Microsoft Office System 2007
|
2010
|
Excel 2010 (Excel 14)
|
Windows 7 Windows Vista (dengan Service
Pack 2), Microsoft Windows XP, Windows Server 2008, Windows
Server 2008 R2, dan Windows 8
|
Microsoft Office 2010
|
2013
|
Excel 2013 (Excel 15)
|
Windows 7 Windows Server 2008 R2 Windows
Server 2012, dan Windows 8
|
Microsoft Office 2013 & Office 365
|
Format atau Extensi File Microsoft Excel
Dari pertama kali dirilis, Excel
menggunakan format berkas biner yang disebut dengan Binary Interchange File
Format (BIFF) sebagai format berkas utamanya. Hal ini berubah ketika Microsoft
merilis Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format
berkas utamanya. Office Open XML adalah sebuah berkas kontainer berbasis XML
yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan pada Excel 2002.
Berkas versi XML tidak dapat menyimpan macro VBA.
Meskipun mendukung format XML yang baru,
Excel 2007 masih mendukung format-format lamanya yang masih berbasis BIFF yang
tradisional. Selain itu, kebanyakan versi Microsoft Excel juga mendukung format
Comma Separated Values (CSV), DBase File (DBF), SYmbolic LinK (SYLK), Data
Interchange Format (DIF) dan banyak format lainnya, termasuk di antaranya
format worksheet milik Lotus 1-2-3 (WKS, WK1, WK2, dan lain-lain) dan Quattro
Pro.
Berikut
ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel :
·
*.xls,
merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12.
Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
·
*.xlt,
merupakan format untuk template worksheet Microsoft
Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
·
*.XML, atau
yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
·
*.xla,
merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format
BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk
menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
·
*.xlsx,
merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang
telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena
alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah
arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang
terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
·
*.xlsm,
merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah
berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
·
*.xlsb,
merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah
berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki
keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya
format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar
yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
·
*.xltm,
merupakan format untuk template worksheet Microsoft
Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA.
Merupakan pengganti dari format*.xlt.
·
*.xlam,
merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan
Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA,
mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.
Memulai Microsoft Excel
Untuk memulai menggunakan aplikasi
Microsoft Excel, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan diantaranya adalah
sebagai berikut :
Cara
Pertama
- Nyalakan Komputer terlebih dahulu
- Klik tombol Start pada Taskbar Komputer
- Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office
- Kemudian klik Microsoft Excel 2007
Cara
Kedua
- Nyalakan Komputer terlebih dahulu
- Double Klik icon Microsoft Excel 2007 yang ada pada Desktop Komputer
Anda.
Cara
Ketiga
- Nyalakan Komputer terlebih dahulu
- Tekan kombinasi tombol Windows (bendera di pojok kiri bawah) dan
tombol R secara bersamaan (Wndows+R), maka akan muncul kotak dialog kecil
di pojok kiri bawah.
- Ketikkan Excel kemudian tekan tombol Enter.
Anda bebas memilih cara memulai
Microsoft Excel diatas sesuai dengan selera Anda, yang terpenting adalah
tindakan selanjutnya setelah Anda Belajar Microsoft Excel Untuk Pemula ini
apa yang akan Anda lakukan, apakah Anda akan benar-benar mempelajari Rumus Microsoft Excel atau hanya sekedar tau
kemudian Anda tutup kembali Aplikasi Microsoft Excel 2007 Anda, semua kembali
kepada Anda.
Lembar Kerja Microsoft Excel
Untuk bekerja secara optimal dalam
Microsoft Excel, anda harus mengenal lebih terdahulu lingkungan kerjanya
sehingga hasil yang diharapkan memuaskan. Apabila anda telah berhasil
menjalankan Microsoft Excel seperti langkah-langkah diatas, maka Anda akan
melihat tampilan seperti berikut.
BAGIAN
|
PENJELASAN
|
Judul
Window
|
Judul
window (window title) terletak pada baris paling atas, yang
menampilkan tulisan Microsoft Excel dan nama Workbook yang
sedang aktif.
|
Office
Button
|
Fitur
yang baru didapat di Office 2007 yang berfungsi menggantikan menu File dan
berlokasi di pojok kiri atas. Didalamnya berisi perintah-perintah standar
seperti Open, Save, Print. Selain itu juga berisi perintah
baru seperti Finish, Publish. Incpect Document.
|
Tab
Sistem Menu
|
Sistem
menu (menu system) merupakan sarana yang disediakan oleh Microsoft
Excel untuk melakukan komunikasi antara pemakai dengannya.
|
Ribbon
|
berisi
perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Tab Sistem Menu.
|
Penggulung
Sheet
|
Untuk
melihat worksheet yang tidak tampak di layar anda dapat
memanfaatkan penggulung sheet. Ada 2 macam penggulungsheet,
yaitu penggulung vertikal (vertical scroll bar) untuk melihatsheet yang
panjang ke bawah, dan penggulung horisontal (horizontal scroll bar)
untuk menampilkan data yang melebar ke samping.
|
Baris
Formula
|
Baris
formula (Formula bar) menyajikan 3 informasi, yaitu :
· Pada
kotak paling kiri (name box) menampilkan informasi tentang alamat atau
nama dari sel atau range
· Tanda
sama dengan (=) dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki formula (rumus)
· Informasi
paling kanan menampilkan isi dari suatu sel yang sedang
|
Judul
Kolom
|
Judul
kolom (column heading) merupakan nama kolom yang dimulai dari huruf A, B, C
sampai Z kemudian sampai IV dengan total jumlah kolom sebanyak 256
(28) kolom.
|
Nomor
Baris
|
Nomor
baris (row number) dimulai dari nomor 1 sampai 65536 (216)
Baris.
|
Baris
Status
|
Baris
status (status bar), menampilkan informasi yang berhubungan dengan
kegiatan yang sedang dilakukan oleh Microsoft Excel dan status keyboard.
|
Tab
Sheet
|
Standarnya
(default), Microsoft Excel menyediakan 3 sheet. Sheet
sering disebut dengan worksheet (lembar kerja),
sedangkan kumpulan dari beberapa worksheet dinamakan workbook (buku
kerja).
|
Penunjuk
Sel
|
Penunjuk
sel (sel pointer) digunakan untuk memberitahu Microsoft Excel dimana
suatu aktivitas akan dilakukan, seperti memasukkan data, memformat sel,
melakukan perhitungan dan sebagainya.
|
Tipe Data Microsoft Excel
Secara umum, Microsoft
Office Excel membagi
tipe data menjadi 3, yaitu label, numerik dan formula, perhatikan
tabel berikut ini.
Label
:
|
Atau
string sering juga disebut sebagai alfanumerik. Data tersebut hanya
menerangkan data numerik dan formula. Semua huruf dan simbul dimasukkan ke
dalam data bertipe label, demikian juga halnya dengan angka yang tidak akan
dihitung seperti nomor telepon.
|
Numerik
:
|
Data
yang hanya terdiri dari angka-angka dalam berbagai bentuk dan format. Data
tipe ini dapat dihitung, misalnya harga barang, nilai mahasiswa dan
sebagainya.
|
Formula
:
|
Merupakan
perintah untuk melakukan suatu perhitungan. Formula kurang lebih sama dengan
rumus. Misalnya untuk menghitung omzet penjualan barang dan sebagainya.
|
Untuk mempermudah penjelasannya, silahkan perhatikan gambar diatas, tulisan Panjang, Lebar dan Total yang berada pada sel A3, dan A4 merupakan data bertipe
label. Sementara angka 6
(nilai panjang) dan 5 (nilai lebar) adalah data bertipe
numerik. Angka 30 (nilai total)
merupakan hasil perkalian dari panjang dan lebar (nilai B3 kali nilai
B4). Data terakhir ini beritipe
formula. Nah sekarang sudah
tau bedanya kan, mana tipe data yang menggunakan Label,
Numerik dan Formula.
Mengenal Fungsi atau
Rumus Microsoft Excel
Setelah mengenal Tipe Data Microsoft Excel, dan bisa memulai
menggunakan aplikasi excel sekarang Kita coba bahas rumus excel yang
sering digunakan dalam dunia kerja atau administrasi perkantoran.
1. Fungsi Average
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range).
Bentuk umum penulisannya adalah ;
=AVERAGE(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan
dicari nilai rata-ratanya. Misalnya untuk mengisi nilai rata-rata dari range
data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol
Enter.
2. Fungsi Sum
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suaturange.
Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,…).
Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan
dijumlahkan. Misalnya untuk menjumlahkan range data E8 sampai G8, maka
rumusnya adalah =SUM(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
3. Fungsi Max
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range).
Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MAX(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data
(numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Misalnya untuk mencari
nilai maksimal dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MAX(E8:G8)
kemudian tekan tombol Enter.
4. Fungsi Min
Fungsi Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari
nilai tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau
minimum dari sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah
;
=MIN(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data
(numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Sebagai contoh untuk
mencari nilai terendah dari range data E8 sampai G8, maka
rumusnya adalah =MIN(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
5. Fungsi Count
Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang
kita pilih. Bentuk umum penulisannya adalah ;
=COUNT(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data
(numerik) yang akan dihitung jumlah datanya. Sebagai contoh untuk
menghitung jmlah data dari range data E8 sampai G8, maka
rumusnya adalah =COUNT(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
6. Fungsi Logika IF
Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu.
Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai
0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti
berikut:
Lambang Fungsi
= Sama dengan
< Lebih kecil dari
> Lebih besar dari
<= Lebih kecil atau
sama dengan
>= Lebih besar atau
sama dengan
<> Tidak sama dengan
Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah ;
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false), artinya kalau ekspresi logika (logical_test) bernilai benar, maka
perintah pada value_if_true akan dilaksanakan, jika salah,
maka perintah pada value_if_false yang akan dilaksanakan.
Perhatikan contoh berikut:
Kolom keterangan diisi dengan ketentuan, jika kolom TANDA sama dengan K,
maka keterangannya KAWIN, jika tidak, maka keterangan berisi TIDAK KAWIN. Ini
dapat diselesaikan dengan rumus =IF(C3=”K”, “KAWIN”,”TIDAK KAWIN”).
Pada rumus diatas Kita lihat bahwa jika datanya bertipe Teks/alpha numerik
harus diapit oleh tanda kutip dua, lain halnya dengan tipe data numerik, tidak
boleh menggunakan tanda kutip. Nah sekarang bagaimana jika ada beberapa
kondisi/bertingkat (IF Bertingkat) seperti pada kasus nilai mahasiswa. Tidak
perlu khawatir, langsung saja perhatikan gambar diatas pada tabel sebelah
kanan. =IF(H3>=81,"A",IF(H3>=66,"B",IF(H3>=56,"C",IF(H3>40,"D","E")))),
hal yang sama juga bisa dilakukan untuk mengisi kolom keterangan, dengan
ketentuan, Jika nilai hurufnya sama dengan “A” maka keterangan “SANGAT
MEMUASKAN, jika “B” maka “MEMUASKAN”, jika “C”, maka “CUKUP”, dan jika “D” maka
bernilai “KURANG”, selain dari itu, maka bernilai “GAGAL”. Nah sekarang sudah
paham kan bagaimana cara menggunakan fungsi IF, sekarang langsung dipraktekkan
deh supaya tidak lupa.
Cara Menulis Rumus Excel
Setelah mengenal beberapa rumus excel yang sering digunakan untuk
administrasi diatas, maka sekarang Kita bahas cara menuliskan rumus excel di
area lembar kerja.
Cara 1: Menulis rumus dengan mengetikkan angka langsung
- Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus
akan ditampilkan
- Pada formula bar, ketikkan = 5000000+3500000,
lalu tekan tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini cukup mudah kalau rumusnya sederhana dan
pendek serta angkanya tetap.
Cara 2: Menulis rumus dengan menggunakan alamat sel
- Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus
ditampilkan
- Pada formula bar, ketikkan = C4+C5, lalu tekan
tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat bermanfaat jika datanya sering
berubah.
Cara 3: Menulis rumus dengan bantuan mouse
- Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus
akan ditampilkan
- Ketikkan = , kemudian pilih dan klik sel C4
- Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5
- Tekan tombol enter
Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat dianjurkan karena memperkecil
kemungkinan salah ketik alamat sel.
Operator Matematika yang
Sering Digunakan
Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Excel ini, karena setiap
tabel dan dokumen yang Kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan
fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah
sebagai berikut:
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari
operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+)
atau kurang (-). Jika pekerjaan Anda adalah berhubungan dengan data statistik,
maka Anda akan sering menjumpai operator-operator matematika diatas.
Cara Keluar dari lembar
kerja Microsoft Excel 2007
Bila Anda sudah selesai membuat atau memperbaiki workbook dan ingin keluar
dari Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan Office Button kemudian pilih Close
atau dengan mengklik tanda silang yang ada pada ujung kanan atas layar. Akan
tetapi jangan lupa untuk menyimpan terlebih dahulu pekerjaan Anda dengan
menekan icon Save pada toolbar atau kombinasi tombol CTRL + S.
Jangan lupa simak terus update mengenai tutorial belajar excel pada
postingan nanti ya kawan.
Sekian dulu update mengenai Belajar Microsoft Excel Pemula Mahir Dalam Sekejap semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya, jika Anda mau untuk serius dalam belajar, pastinya Microsoft Excel bukan sesuatu yang menakutkan dan jika anda mau rutin dalam berlatih, maka bisa dipastikan anda juga pasti mahir dalam microsoft excel.
Sekian dulu update mengenai Belajar Microsoft Excel Pemula Mahir Dalam Sekejap semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya, jika Anda mau untuk serius dalam belajar, pastinya Microsoft Excel bukan sesuatu yang menakutkan dan jika anda mau rutin dalam berlatih, maka bisa dipastikan anda juga pasti mahir dalam microsoft excel.